Ndi Photography: Perantara

Perantara


Setiap hari kita memakan nasi sebagai makanan pokok kita.  Meskipun banyak juga yang tidak menjadikan nasi sebagai makanan pokok, tetap nasi adalah makanan pokok mayoritas manusia yang hidup di muka bumi yang indah ini.

Selain berbagi foto, di sini saya juga akan berbagi tips, trik, dan teknik membuat foto hitam putih.

Fotografi hitam putih mampu menyajikan kesan visual yang historis,  klasik, sangat elegan dan mempunyai kesan “misteri”. Beberapa kelebihan terebutlah yang mampu membuat foto hitam putih tetap eksis sampai saat ini. Foto hitam putih memang sangat didominasi oleh kontras  warna hitam dan putih, bisa juga dominan putih yang lazim disebut high-key atau dominan hitam yang lazim disebut low-key. Berikut adalah beberapa tips untuk menghasilkan foto hitam putih yang menawan:

1. Gunakan File RAW

Format raw memiliki tonal warna yang sangat kaya serta mampu menangkap detail,  dan file type ini tidak akan mengalami penurunan kualitas dibanding dengan JPEG saat dilakukan pengeditan melalui software foto editing. Dengan file RAW kita bisa mengabadikan gambar berwarna untuk kemudian dikonvert menjadi gambar hitam putih. Dengan menggunakan mode hitam putih dan file RAW gambar yang terekam akan nampak hitam putih pada live view/LCD, namun sesungguhnya kamera merekam segala informasi, termasuk warna.

2. Gunakan ISO rendah

Gunakan ISO serendah mungkin yang dimiliki oleh kamera anda. Bila menggunakan ISO tinggi Noise yang dihasilkan akan nampak jelas baik pada foto berwarna dan akan nampak lebih jelas hitam putih. Apabila kita berniat menampahkan grain/bercak-bercak abu-abu mirip noise yang biasanya menjadi ciri khas foto jadul, kita dapat menggunakan software editing.

3. Pilih suasana suram/mendung

Banyak sekali para fotografer professional yang memilih mengabadikan gambar saat situasi rendah kontras, seperti saat-saat mendung. Lain halnya dengan foto berwarna, saat-saat mendung adalah saat yang kurang menyenangkan karena pencahayaan kurang memadai dan biasanya fotografer lebih senang menunggu/diam dirumah. Jadi lain kali jika kita menemui suasana mendung/suram foto hitam putih adalah salah satu pilihan terbaik. Cahaya yang lembut akan memberikan transisi yang lembut pada subjek.

4. Perhatikan Komposisi

Komposisi foto hitam putih pada dasarnya hampir sama dengan komposisi foto berwarna, dan bekerja hampir sama baiknya. Namun perbedaan terbesarnya adalah foto hitam putih tidak mampu mengabadikan warna, hal inilah yang membuat kita harus berlatih melihat suatu benda, kontras dan tekstur pada fokus utama. Berikan perhatian lebih pada daerah yang over exposure dan under exposure.

5. Gunakan Filter

Filter ND dan Filter polarizer sangat bermanfaat menghasilkan gambar hitam putih yang baik. Filter ND mampu menetralkan over exposure dan Polarized/CPL mampu menajamkan kontras serta menghilangkan kilauan yang diakibatkan oleh pantulan cahaya pada permukaan air/daun.

6.  Abadikan pola

Pola adalah sesuatu yang sangat menarik karena pengulangan yang senada. Dengan foto hitam putih pola yang beraturan akan semakin menonjol. Ketika kita memahami pola dengan cara hitam putih maka kita akan dengan mudah menemukannya, sebagai contoh mobil yang diparkir berjajar, sepatu yang ditaruh berjajar saat acara tertentu, atau sepeda pancal atau motor yang berjajar rapi.

7. Gunakan HDR

HDR/High Dynamic range adalah menghasilkan 1 gambar berkualitas dari beberapa gambar dengan exposure berbeda. Software yang paling populer untuk mendapatkan gambar HDR adalah photomatrix karena kemudahan penggunaan dan hasilnya yang sangat baik. Namun kabar buruknya adalah software ini berbayar/ seharga  $99. Dalam prakteknya penggunaan foto HDR banyak sekali mengalami perdebatan, karena gambar yang dihasilkan jauh dari kesan alami/terlalu banyak proses editing. Namun tentunya menggunakan HDR adalah pilihan masing-masing.

8. Ciptakan sedikit warna

Apabila anda bosan dengan gambar hitam putih, kita dapat menyiasatinya dengan menggunakan warna tertentu pada fokus utama. Misal backgroundnya berwarna hitam putih/monochrome, dan khusus subjek yang berwarna. Hal ini akan menambah kesan kuat pada subjek, meskipun hanya memiliki warna yang sederhana. Tentunya proses ini memerlukan sedikit pengetahuan tentang foto editing yakni menggunakan fitur add selective color pada Adobe Photoshop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Ndi Photography fotograferNdi